Selasa, 03 April 2012

Mitos atau Pemalinya orang Maumere..


Sebenarnya Pengetahuan saya tentang hal ini tidak terlalu banyak, tapi dah lama pengen tulis sesuatu lagi di blog. Trus barusan habis ngobrol sama tante yang jagain anak2 (narasumber dadakan.. hahaha), ngomong deh tentang pemali-pemali di dalam masyarakat Maumere.. hmm.. jadi pengen tulis lagi.
Mitos atau mite (myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi  oleh para dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia  lain (kahyangan) pada masa lampau dan dianggap benar-benar  terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Mitos juga disebut Mitologi, yang kadang diartikan Mitologi adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan bertalian dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongeng suci. Jadi, mitos adalah cerita tentang asal-usul alam semesta, manusia, atau bangsa yang diungkapkan dengan cara-cara gaib dan mengandung arti yang dalam. Mitos bisa berupa cerita ataupun kepercayaan2 sederhana dalam masyarakat. Di setiap wilayah pasti ada mitosnya. nah buat orang Maumere, Mitos atau dalam bahasa Maumere disebut Pire (pemali) lumayan banyak yang dijadikan tuntunan hidup sehari-hari atau arahan orang tua buat anak2. Karena saya besar dan menetap di Maumere ada beberapa mitos yang saya dengar disini. Hal2 ini tidak akan bisa dijelaskan secara logis, karena kalau logis bukan mitos kan namanya?

Contoh2 Pire yang saya dengar sejak kecil:
* Anak2 dilarang bermain sembunyi2 (inggo dalam bahasa sini) jika hari sudah gelap. karena nanti terjadi 'Ledu'. Artinya dibawa 'setan' atau anggota keluarga yang sdah meninggal. Saya pribadi pernah mengalami hal ini waktu kecil, ( ini kejadian saya ingat sampai sekarang dan jadi trauma kalau lihat anak saya main sembunyi2..). Saking asyiknya maih sembunyi sama sepupu2, lupa kalau dah maghrib dan gelap sekali. padahal kami mainnya dalam rumah. tiba2 salah satu sepupuku menghilang. udah dicari kemana2 tidak ketemu2, sampai tengah malam.. kita semua udah nangis apalagi sambil diomelin nenek dengan cerita2 itu.. akhirnya setelah bakar lilin dan berdoa di foto keluarga yang dah meninggal sepupu saya yang paling kecil tiba2 aja lihat dia di bawah tempat tidur. beneran, padahal dari tadi udah bolak-balik disana.
* Jangan meniup bunyi2 nyaring di malam hari. Karena itu berarti kita sedang memanggil  makluk halus dalam rupa ular. hiii.. serem yah...
* Biasanya kalau ada keluarga dekat yang meninggal, anak2 kecil terutama bayi digosok arang hitam di dahi. Katanya itu untuk melindungi dari oarang yg sudah mati itu. Kalau tiba2 anak2 nangis tidak berhenti tanpa sebab juga, itu berarti 'diikuti' sama yg mati. Kalau udah gitu, syaratnya orang tua harus ngomong sama yang sudah mati. Tidak masuk akal sekali kan?????
* Waktu saya masih SD ada sejenis binatang kecil bersuara nyaring, kami disini menyebutnya 'Tireng'. Saya kurang tau disebut apa dalam bhasa Indonesia, modelnya kayak tawon tapi tidak ada sengatnya. Binatang ini katanya kalau ditanam dalam tanah beberapa hari bisa berubah jadi uang. Tidak pernah kejadian sih, haha.. tapi namanya juga anak2, senang aja melakukannya...
* Kalau bersihkan atau menyapu rumah, harus dari depan ke belakang jangan menyapu ke arah depan rumah karena itu artinya tolak rejeki. jadi rejeki itu harus masuk dulu dalam rumah sampai ke belakang gitu deh..
* Dilarang meminjamkan bumbu2 dapur kayak garam, jahe dll ke orang luar pada malam hari. walaupun orang yang minjam itu sodara sendiri. Katanya sih kalau kita berdagang apa saja, dagangan kita susah lakunya...
* Khusus buat laki2, kalau ditawarin moke (minuman khas orang Maumere) oleh tuan rumah atau tuan pesta tidak boleh nolak dengan alasan apapun.

Khusus buat orang hamil/bayi baru lahir, Pirenya ada lagi.. antara lain yang saya tau...
* Tidak boleh duduk di pintu rumah. Katanya nanti susah melahirkan
* Jangan makan langsung dari cobe (ulekan) atau periuk. Ntar anaknya hitam atau mukanya kayak cobe.
* Jangan pake pakaian warna hitam selama hamil. karena itu bisa membawa hal buruk buat jabang bayi nantinya.

Ini hanya sebagian kecil mitos yang saya tau berkembang dalam masyarakat Maumere. Kalau mau dicari tau pasti lebih banyak lagi.. oya, untuk sekedar tahu, ada nih mitos yang saya dengar menjadi kepercayaan masyarakat daerah Lio, tetangganya Maumere.. malah katanya orang Lio lebih banyak lagi pemalinya.
* Dalam masyrakat Lio, ada makanan ato sayur2an dan lauk tertentu yang tidak boleh dimakan, kalau sampai dimakan bisa kena penyakit yang aneh2. Kalaupun sampai terkena, syaratnya harus masuk ke rumah adat dulu dan minta maaf sama nenek moyangnya baru penyakitnya bisa sembuh.
* Orang Lio juga tidak boleh sembarang memanggil nama ipar atau kandung dari pasangan mereka. wah, bisa jadi petaka katanya... banyak sih contohnya, kalau ditulis disini gak habis2 dah..!
* Mertua tidak boleh angkat jemuran pakaian mantunya. kalau ini sih saya tidak setuju sekali, kalau hujan gimana??

Semua di atas hanya sebagian kecil contoh mitos di Maumere. Saya sendiri senang mencari tahu tentang mitos. kalau berkunjung ke suatu daerah hal pertama yang saya tanyakan adalah mitos setempat. Kalau soal percaya atau tidak, saya lebih suka percaya pada segala sesuatu yang bisa dijelaskan secara logis. Tapi saya bukan orang yang suka mengabaikan nasihat orang tua, jadi kalau dilarang-larang dengan alasan yg tidak logis saya ikut saja... dari pada kena ngomel... hehe...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar